Jumat, 23 Oktober 2015

Contoh SP Sekolah Minggu


APLIKASI


Satuan Pelajaran Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
Minggu
Yitro
7
NAS : Keluaran 18:12-24
Sept. 2014

12 Set. Trinittis

TUJUAN
Supaya anak dapat :
1.    Menyebutkan hubungan Yitro dengan Musa.
2.    Menyebutkan sikap Yitro yang perlu diteladani.
3.    Menceritakan pengalamannya tentang cara orangtua membagikan tugas
LATAR BELAKANG
·        Tuhan telah membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, mendengar hal itu Yitro seorang imam di Midian ia adalah mertua Musa membawa Zipora serta anak-anak Musa menjumpai Musa di Gunung Horeb. Ketika mereka bertemu, Musa menceritakan segala kebaikan yang dilakukan Tuhan kepada bangsa Israel yang telah menyelamatkan mereka dari tangan orang Mesir. Mendengar hal itu bersukacitalah Yitro tentang segala kebaikan, yang dilakukan Tuhan kepada Bangsa Israel. Kemudian Yitro mempersembahkan korban kepada Allah sebagai ucapan syukur atas kelepasan bangsa  Israel.
·        Yitro melihat pekerjaan yang dilakukan Musa yakni mengadili bangsa Israel atas perkara mereka hanya seorang diri, maka Yitro menasehati Musa supaya membagi tugas tersebu dengan memberdayakan orang Israel. Yitro menasehatinya supaya mencari orang-orang yang cakap, takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan benci kepada pengejaran suap menempatkan mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang, dan pemimpin sepuluh orang untuk mengadili di antara bangsa itu.
·        Musa mendengarkan perkataan mertuanya itu dan melakukan segala yang dinasehatkan kepadanya. Orang-orang yang terpilih itu mengadili di antara bangsa itu sewaktu-waktu; perkara-perkara yang sukar dihadapkan mereka kepada Musa, tetapi perkara-perkara yang kecil diadili mereka sendiri.

URAIAN
1.    GSM dapat mencerita kepada ASM siapa Musa dan perannya dalam karya Allah yang membebaskan Israel.
2.    GSM dapat menceritakan hubungan Yitro dengan Musa; bahwa  Yitro adalah mertua Musa, ia juga adalah seorang imam di Midian. Ketika ia mendengar Musa menceritakan kepadanya segala yang dilakukan TUHAN kepada Firaun dan kepada orang Mesir karena Israel dan segala kesusahan yang mereka alami di jalan dan bagaimana TUHAN menyelamatkan mereka. Bersukacitalah Yitro tentang segala kebaikan, yang dilakukan TUHAN kepada orang Israel, bahwa Ia telah menyelamatkan mereka dari tangan orang Mesir."Dan Yitro, mertua Musa, mempersembahkan korban bakaran dan beberapa korban sembelihan bagi Allah.
3.    GSM menjelaskan bagaimana sikap Yitro ketika ia melihat Musa seorang diri saja duduk mengadili di antara bangsa itu; dan bangsa itu berdiri di depan Musa, dari pagi sampai petang. Sehingga mertua Musa memberi nasihat agar memilih orang-orang cakap dan mengangkat untuk membantu Musa mengadili supaya pekerjaan Musa bisa lebih ringan.
4.    GSM menjelaskan bagaimana Musa mendengarkan perkataan mertuanya itu dan melakukan segala yang dikatakan kepadanya. GSM dapat memakai gambaran ini untuk menceritakan kehamonisan antara menantu dan mertua.
5.    GSM juga menasehati ASM untuk mau mendengar nasehat dari orang tua maupun orang yang lebih tua darinya dan mau melakukannya.


ü  Tuhan menghendaki ASM sudah terlatih mendengar dan melaksanakan nasihat orangtua atau orang yang lebih tua.
ü  ASM terpanggil untuk mau bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari dan juga dalam aktivitas di Gereja. Dengan bekerja sama maka akan membuat pekerjaan kita lebih ringan. ASM diajari untuk mengembangkan sikap kerja sama dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru dan orangtua, jangan melelahkan diri dengan sikap egois dan mau tampil sendiri. Hendaknya sikap kerja sama sudah berakar dalam diri ASM.
ü  Kemauan bekerjasama juga berkaitan dengan kemauan mendengar, Oleh karena itu ASM diajak untuk berlatih mendengar dengan baik ditengah sikap cuek dan EGP yang makin marak.
ü  Di Minggu ke 12 Setelah Trinitas ini ASM diajak untuk bertobat dan menyuarakan pertobatan bagi anak-anak yang suka melawan dan tidak mendengar nasihat orangtua atau gurunya.

AKTIVITAS
·        GSM pertama-tama menceritakan sikap Yitro ketika melihat Musa seorang diri menghakimi bangsa Israel.
·        GSM mengajak ASM untuk berdiskusi degan topik:
1.    Menyebutkan sikap Yitro yang perlu diteladani.
2.    Menceritakan pengalaman emreka hidup dengan kakek-nenek yang menjadi mertua Ibu atau ayah mereka dan bagaimana hubungan orangtuanya dengan mertuanya.
3.    Menceritakan bagimana pengalamannya tentang cara orangtua membagikan tugas.
4.    Menceritakan pengalaman mereka ketika dinasehati oleh orangtua atau guru, apakah mereka mendengarnya dan melakukannya dengan baik atau tidak.
5.    Menceritakan pengalaman mereka bergotongroyong di sekolah, di rumah, di gereja dan ditempat lain, bagaimana hasil dan dampaknya.
·        ASM diajak membandingkan dampak bekerja sendiri dengan bekerja bersama-sama. Misalnya dengan menyusun bangku atau mengumpul sampah di ruangan SM.
·        Demosntrasi makna kerjasama melalui permainan (how long, how high)

AYAT HAFALAN
Matius 21:6
Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka.

NYANYIAN

·        Tanganku Kerja Buat Tuhan
·        Jalan Serta Yesus
·        Serikat Persaudaraan (KJ. 249)







Satuan Pelajaran Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
Minggu
HIDUP SEHAT
14
NAS : Matius 9: 20-21
Sept 2014

13 Set. Trinitatis

TUJUAN
Supaya anak dapat :
1.    Menyebutkan ciri-ciri orang sehat.
2.    Mendaftarkan cara-cara menjaga kesehatan.
3.    Menyebutkan manfaat hidup sehat.

LATAR BELAKANG
·        Sesudah Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak berbondong-bondong datang lalu mengerumuni Dia. Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup." Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. (Mat. 9:18-19). Pada waktu itu ada seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya. Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya. Saat itu juga, Yesus mengetahui bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?" Murid-murid-Nya menjawab: "Engkau melihat bagaimana orang-orang ini berdesak-desakan dekat-Mu, dan Engkau bertanya: Siapa yang menjamah Aku?" Lalu Ia memandang sekeliling-Nya untuk melihat siapa yang telah melakukan hal itu. Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya. Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu! (Mrk. 5:21-43).

URAIAN

1.    GSM meneritakan kuasa penyembuhan yang  dimiliki Yesus, serta kemurahan hatinya memberi kesembuhan pada orang yang percaya dan meminta pertolongan pada-Nya.
2.    Kehadiran Yesus membawa perubahan dan keselamatan bagi mereka yang lemah dan tidakberdaya. Segala penyakit dan kesusahan dapat diubah Yesus menjadi sukacita, sebab Dia adalah Tuhan yang maha kuasa.
3.    GSM menceritakan bagaimana sikap dan keyakinan hati peremuan yang sakit tersebut terhadap kuasa Yesus. Ia sangat yakin bahwa Yesus dapat menyembuhkannya, ia hanya membutuhkan menjamah jubah Yesus saja. Oleh karena itu, ditengah kelemahan tubuhnya dan kerumunan manusia ia berjuang untuk mendekat pada Yesus dan menjamah jubah-Nya dan akhirnya ia pun sembuh.
4.    GSM menjelaskan bagaimana usaha, kerja keras yang dibarengi iman menghasilkan kesembuhan dan kesehatan.
5.    Berobat kedokterpun bisa sembuh asal kita yakin bahwa TUHAN YESUS akan memberkati usaha pengobatan tersebut dan memakai dokter dan para medis yang lain seabgai perpanjangan tangan Tuhan. Selain itu, kita juga berusaha dengan sekuat tenaga untuk memperoleh kesembuhan itu, misalnya jangan makan makanan yang dilarang oleh dokter, tidak keluyuran saat sakit, tidak bermain terlalu banyak, istrahat yang cukup, pola makan teratur, dll.  
APLIKASI
·        Yesus Kristus adalah sumber kesembuhan yang sejati, oleh karena itu ASM diingatkan untuk tidak mengharapkan kesembuhan dari kuasa lain seperti dukun, roh nenek moyang, dll.
·        Tuhan menginginkan ASM untuk senantiasa berdoa saat mengomsumsi obat-obatan supaya diberkati TUHAN YESUS sebagai jalan kesembuhan. Jangan pernah ragu pada kuasa kesembuhan dari Yesus sebab Yesus mengasihi ASM.
·        ASM yang beriman pada Yesus diajak untuk turut serta berusaha menjaga kesehatan dan kebersihan sebab itu adalah bagian dari iman. Dengan kata lain ASM diajak untuk menjaga pola hidup sehat sejak dini.
·        dalam minggu ke 13 setelah Trinitatis ini, ASM diingatkan bahwa hidup dan mati ada ditangan dan milik Tuhan.
AKTIVITAS
·        GSM mengajak ASM menceritakan pengalaman ketika sakit, berobat ke mana dan apakah berdoa setiap makan Obat?
·        GSM menanyakan siapa yang bercita-cita menjadi dokter, bidan, perawat dan \\ alasannya.
·        GSM menunjukkan gambar orang sakit dan orang yang sehat dan mengajak ASM untuk mendiskusikan perbedaaanya.
·        Untuk kelas besar, kisah dalam teks bisa didemonstrasikan/didramakan oleh ASM.
·        GSM menanyakan ASM: “menurut kamu bagaimana ciri-ciri orang sehat?”. Anak-anak diberi kesempatan menjawab, misalnya memiliki nafsu makan yang baik, tubuh yang semakin tinggi, memiliki berat badan yang semakin bertambah, dsb.
·        GSM mengajak ASM untuk berdiskusi tentang cara-cara menjaga kesehatan yang kamu ketahui dan mamfaat hidup sehat? ASM disuru untuk mendaftarkanya dan kalau boleh didemonstrasikan. Misalnya mendemostrasikan cara mencuci tangan, sikat gigi yang benar, dll.
·        GSM merangkum pendapat ASM dan memberikan tambahan penjelasan.

AYAT HAFALAN
Mazmur 41:4
TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.

NYANYIAN
·        Dikepak-kepakkan sayapnya
·        Kasih Yesus Manis dan Indah
·        Saya Bergirang
·        Ada orang buta
·        S'lamat Di Tangan Yesus (KJ 388)
·        Ajaib Benar Anugerah (KJ. 40)
·        Burung Pipit yang kecil (KJ. 385)






Satuan Pelajaran Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
Minggu
RUKUN
21
NAS : Mazmur 133 : 1-3
Sept 2014

14 Set. Trinitas

TUJUAN
Supaya anak dapat :
1.    Menyebutkan arti rukun.
2.    Menyebutkan pentingnya hidup rukun bersama saudara.
3.  Menyatakan tekad untuk hidup rukun melalui nyanyian.
LATAR BELAKANG
Kitab nyanyian ziarah dari Daud ini mengambarkan situasi waktu itu. Ada kebiasaan orang Israel berkumpul beramai-ramai untuk membangun tenda merayakan hari-hari perayaan tertentu. Ungkapan  sungguh alangkah baiknya dan indahnya yang di sebutkan pemazmur adalah untuk mengambarkan suasana umat yang datang dari berbagai penjuru Israel berkumpul di Yerusalem di dalam kerukunan, keakuran, keharmonisan dan keguyuban.
Pemazmur mengambarkan  berkat-berkat kerukunan itu dalam dua gambaran yakni: pertama, “ Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya” minyak mempunyai makna kesukaan, keharuman dan ketentraman juga penyucian sehubungan dengan minyak pengurapan iman (Kel. 30:22-33), kelimpahan minyak urapan mengambarkan bahwa Tuhan memberkati umatNya dengan kelimpahan. Kedua,  dampak kerukunan itu digambarkan  juga  seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Gunung Hermon terletak di Kerajaan Israel Utara puncaknya umumnya ditutupi salju panjang tahun, menyebabkan embun berlimpahan. Secara geografis kedua lokasi gunung Hermon dan Sion tersebut jauh sekali, tapi ada sebuah mujizat jika embun mengalir begitu jauhnya. Begitulah kasih dan kuasa Tuhan mengalir kesemua manusia, apalagi setiap anak-Nya yang hidup dalam persekutuan yang rukun harmonis di mana berkat pribadi saling dibagikan untuk keberuntungan bersama. Kesatuan digambarkan seperti embun yang menyegarkan, mengendap di gunung Hermon dan turun ke bukit Sion. Allah mencurahkan  berkatnya tanpa melihat siapa kita, bagimana kita dan kemana kita berada. Karena Allah mau kita hidup dalam persaudaraan yang rukun walaupun kita berbeda dalam banyak hal
URAIAN
·        GSM dapat menceritakan sekilas tentang profil DAUD, posisnya, dan juga kecakapannya menggubah Mazmur.
·        GSM menjelaskan makna kata RUKUN dan perbedaannya dengan kata berdampingan.
·        GSM menjelaskan bahwa Allah menginginkan kita hidup dalam kerukunan meski memiliki banyak perbedaan.
·        GSM menjelaskan 3 hal yang perlu direnungkan dan dimakanai dari Mazmur 133:1-3 yakni
1.    Hidup rukun adalah baik dan indah.
2.    Dalam hidup rukun ada berkat yang berkelimpahan.
3.  Dalam hidup rukun ada karunia hidup yang berkemenangan
·        GSM menjelaskan bagaimana persaudaraan yang rukun dapat tercipta dalam kehidupan anak-anak di SM, di rumah, dll. Persaudaraan yang baik adalah persaudaraan atau persekutuan yang mempunyai kualitas yang baik dan dapat dirasakan oleh orang lain. Persaudaraan yang rukun dan baik itu saling melengkapi, saling menolong disaat suka maupun duka. Setiap orang/anggota hadir sebagai ebrkat, pembawa damai dan bukan seabgai batu sandungan yang membawa pertentangan.
·        GSM menjelaskan bahwa kunci untuk bisa hidup rukun adalah percaya pada ALLAH dan hidup dalam KASIH dan tuntunan ROH bukan dalam hawa nafsu duniawi.
·        Dalam minggu 14 Setelah trinitatis ini GSM menjelaskan bahwa Allah mengasihi semua bangsa
APLIKASI
ü  Allah Menginginkan ASM Yang Memiliki Talenta Dan Karunia Yang Berbeda-Beda Dapat Hidup Dalam Persaudaraan Yang Rukun Dan Damai.
ü  Perbedaan Bukanlah Aib Yang Menjadi Dasar Perpecahan Melainkan Anugerah Yang Indah Jika Bisa Dijalin Dengan Baik Dalam Keutuhan. Setiap Talenta Dan Kemampuan Yang Dimiliki ASM Dapat Dipakai Menjadi Berkat Bagi Sesamanya Dengan Saling Menolong Dan Melengkapi Dan Bukan Saling Mengejek Dan Membanggakan Diri.
ü  Persaudaraan ASM Dan GSM Hendaklah Tulus Murni Dan Didasarkan Oleh Kasih Allah
ü  Persekutuan Yang Indah Akan Membuat Orang-Orang Di Dalamnya Bertahan, Karena Merasa Aman, Nyaman Dan Tentram. Oleh Karena Itu, Marilah Kita Mengevaluasi Persaudaraan Dan Persekutuan Kita Selama Ini. Apakah Kehadiran ASM Dan GSM Membawa Kenyamaan, Keindahan Dalam Persekutuan Atau Justru Memudarkan Kenyamaan Dan Keindahan Itu.
ü  Kerukunan juga perlu dijaga dengan mere
AKTIVITAS
·        Tanya jawab tentang teks yang berkaitan dengan manfaat hidup rukun, makna hidup rukun dalam segala perbedaan
·        ASM diminta untuk mendaftarkan talenta masing-masing dan menyebutkan perbedaaannya dengan teman-teman dan saudaranya.
·        Bercerita tentang pengalaman bersama saudara di rumah, bersama teman di sekolah, dan di gereja.
·        Bercerita tentang Bawang merah dan Bawang Putih yang tidak rukun dan dampak yang ditimbulkannya.
·        Menulis karangan singkat tentang hidup rukun dalam keluarga dan gereja (anak tanggung/remaja).
·        Mendemosntrasikan kerukunan dan ketidakrukunan melalui permainan.
·         Mewarnai gambar bertema "kerukunan"

AYAT HAFALAN
1 Yohahes 4: 21
Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

NYANYIAN
·        Bapak Abraham (Father Abraham)
·        Hari ini ku rasa bahagia
·        Dalam Yesus kita bersaudara
·        Serikat Persaudaraan (KJ. 249)
·        Kucinta keluarga Tuhan
·        Alangkah Indahnya (KJ. 448)
·        Yesus cinta sgala anak








Satuan Pelajaran Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
Minggu
INGIN TAHU
28
NAS : Kisah Para Rasul 8:26-40
Sept 2014

15 Set. Trinitatis

TUJUAN
Supaya anak dapat :
1.    Mempraktekkan rasa ingin tahu dengan bertanya.
2.    Mendaftarkan kata tanya yang menggambarkan rasa ingin tahu.
3.    Menunjukkan rasa ingin tahu sida-sida dalam perikop.

LATAR BELAKANG
Tuhan Melalui malaikat dan Roh Kudus-Nya mengutus Filipus pergi untuk memberitakan injil kepada seorang pejabat asal Etiopia yang sedang dalam perjalanan. Dalam perjalanannya, pejabat tersebut membaca kitab Yesaya dan tidak mengerti. Ditengah keingintahuannya ia bertanya pada Filipus tentang makna kisah yang dibacanya. Pada akhirnya pejabat itu menerima kebenaran Injil dan bertobat. Ia percaya kepada Tuhan Yesus dan hal itu meyebabkan rasa sukacita dalam hatinya. Setelah dibabtis, ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.Injil tidak terbatas lagi pada Yerusalem, Yudea dan Samaria saja. Kini, melalui Filipus, Injil telah keluar dari batas Samaria dan menuju ujung bumi, mengenapi janji Tuhan dalam Kis. 1:8”. Filipus, sesuai namanya yang memiliki arti menerobos, telah dipakai Tuhan untuk membawa Injil masuk menerobos kepada orang-roang non Yahudi. Pada waktu Filipus memulai pelayanan penginjilannya ini, Paulus masih belum menjadi Kristen dan masih menganiaya orang  Kristen.


URAIAN
ü  GSM menanyakan pada ASM siapa saja nama Tokoh yang disebutkan dalam teks itu.
ü  GSM menceritakan bagaimana Filipus bisa bertemu dengan orang Etopia tersebut dan menginjili serta membabtisnya.
ü  GSM menceritakan bagaimana rasa ingin tahu orang Etopia tersebut tentang Kitab Nabi Yesaya yang menceritakan tentang pengorbanan Yesus, serta bagaimana rasa ingin tahu tersebut membawanya pada kepercayaan bahwa Yesus adalah Anak Allah dan berkeinginan untuk dibabtis.
ü  GSM menceritakan sukacita yang menyelimuti hati orang Etopia tersebut setelah ia percaya. Sukacita besar dalam diri merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan keyakinan dan kepercayaan pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruslamat.
ü  GSM menceritakan bahwa injil harus diberitakan kepada semua orang dan ASM juga bisa ambil bagian di dalamnya.
ü  Dalam Minggu 15 Setelah trinitatis ini, GSM mengajak ASM untuk menyakini KUASA YESUS KRISTUS untuk menyelamatkan semua bangsa dan menolong para hamba-Nya memberitakan Injil keseluruh penjuru dunia.
APLIKASI
·        Allah memakai berbagai cara menyuruh hamba-Nya untuk memberitakan Injil.
·        Allah senantaisa menolong orang yang ingin percaya dan ingin mengetahui lebih banyak tentang DIA. Allah akan mengutus para hamba-Nya untuk menjelaskan kebenaran Firman-Nya. GSM adalah salah satu contoh yang dipakai Tuhan untuk menolong ASM memahami dan mengerti Firman-Nya.
·        ASM tidak perlu sungkan untuk bertanya, serta didorong untuk membaca Alkitab dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang Yesus.
·        Tidak ada batas-batas untuk memberitakan Injil. Semua orang, suku, bangsa, ras harus mendengarkan Injil. ASM juga bisa diperlengkapi untuk menjadi pemberita Injil dalam dunianya.
AKTIVITAS
ü  ASM disuruh mebaca ulang teks dan menanyakan apapun yang belum dimengerti
ü  ASM diberi kesempatan untuk saling bertanya dengan sesama ASM tentang pengenalan dan pengetahuan mereka tentang Yesus.
ü  Mendemonstrasikan keingintahuan ASM dalam bentuk permainan. Misalnya tebak-tebakan. GSM membungkus sesuatu dalam kotak, kemudian ASM diajak untuk mencari tahu apa isi kotak tersebut dengan menyakan ciri-cirinya kemudian menebaknya (bisa meniru game "bisa jadi'). Setelah itu ASM diberi kebebasan untuk mengekspresikan sukacitanya karena berhasil menebak isi kotak. GSM kemudian mengaitkannya dengan sukacita orang Etopia setelah mengetahui makan Kitab Yesaya yang dibacanya.
ü  Mendemonstrasikan sikap selalu bersedia memberitakan injil melalui permainan. Misalnya permainan trnasfer ayat Alkitab.
ü  ASM diberi tugas untuk menggambarkan siapa Yesus bagi mereka (berkaitan dengan karakter, kuasa, dll) (anak tanggung dan remaja)
ü  Mewarnai gambar
ü  dll.
AYAT HAFALAN
Amsal 1:7
Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan

NYANYIAN
·        Saya bergirang.
·        Bila kulihat bintang gemerlapan (K. J. No. 64)
·        Mengikut Yesus keputusanku.
·        Yesus Menginginkan Daku (KJ 424)
·        Ikut Dikau saja Tuhan (KJ. 376)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar