APLIKASI
|
||
Satuan Pelajaran
Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
|
Minggu
|
|
Yitro
|
7
|
|
NAS : Keluaran 18:12-24
|
Sept. 2014
|
|
12 Set. Trinittis
|
||
TUJUAN
|
||
Supaya
anak dapat :
1.
Menyebutkan
hubungan Yitro dengan Musa.
2.
Menyebutkan
sikap Yitro yang perlu diteladani.
3.
Menceritakan
pengalamannya tentang cara orangtua membagikan tugas
|
||
LATAR BELAKANG
|
||
·
Tuhan
telah membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, mendengar hal itu Yitro
seorang imam di Midian ia adalah mertua Musa membawa Zipora serta anak-anak
Musa menjumpai Musa di Gunung Horeb.
Ketika mereka bertemu,
Musa menceritakan segala kebaikan yang dilakukan Tuhan kepada bangsa
Israel yang telah menyelamatkan mereka dari tangan orang Mesir. Mendengar hal itu
bersukacitalah Yitro tentang segala kebaikan, yang dilakukan Tuhan kepada
Bangsa Israel. Kemudian Yitro mempersembahkan korban kepada Allah sebagai
ucapan syukur atas kelepasan bangsa
Israel.
·
Yitro
melihat pekerjaan yang dilakukan Musa yakni mengadili bangsa Israel atas
perkara mereka hanya seorang diri, maka
Yitro menasehati Musa supaya membagi tugas tersebu dengan memberdayakan
orang Israel.
Yitro menasehatinya supaya mencari orang-orang yang cakap, takut akan Allah,
orang-orang yang dapat dipercaya, dan benci kepada pengejaran suap
menempatkan mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang,
pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang, dan pemimpin sepuluh
orang untuk mengadili di antara bangsa itu.
·
Musa
mendengarkan perkataan mertuanya itu dan melakukan segala yang dinasehatkan
kepadanya. Orang-orang yang terpilih itu mengadili di antara bangsa itu sewaktu-waktu;
perkara-perkara yang sukar dihadapkan mereka kepada Musa, tetapi
perkara-perkara yang kecil diadili mereka sendiri.
|
||
URAIAN
|
||
1.
GSM
dapat mencerita kepada ASM siapa Musa dan perannya dalam karya Allah yang
membebaskan Israel.
2.
GSM
dapat menceritakan hubungan Yitro dengan Musa; bahwa Yitro adalah mertua Musa, ia juga adalah
seorang imam di Midian. Ketika ia mendengar Musa menceritakan kepadanya
segala yang dilakukan TUHAN kepada Firaun dan kepada orang Mesir karena
Israel dan segala kesusahan yang mereka alami di jalan dan bagaimana TUHAN
menyelamatkan mereka. Bersukacitalah Yitro tentang segala kebaikan, yang
dilakukan TUHAN kepada orang Israel, bahwa Ia telah menyelamatkan mereka dari
tangan orang Mesir."Dan Yitro, mertua Musa, mempersembahkan korban
bakaran dan beberapa korban sembelihan bagi Allah.
3.
GSM
menjelaskan bagaimana sikap Yitro ketika ia melihat Musa seorang diri saja
duduk mengadili di antara bangsa itu; dan bangsa itu berdiri di depan Musa,
dari pagi sampai petang. Sehingga mertua Musa memberi nasihat agar memilih
orang-orang cakap dan mengangkat untuk membantu Musa mengadili supaya
pekerjaan Musa bisa lebih ringan.
4. GSM menjelaskan bagaimana Musa
mendengarkan perkataan mertuanya itu dan melakukan segala yang dikatakan
kepadanya. GSM dapat memakai gambaran ini untuk menceritakan kehamonisan
antara menantu dan mertua.
5. GSM juga menasehati ASM untuk mau
mendengar nasehat dari orang tua maupun orang yang lebih tua darinya dan mau
melakukannya.
|
||
ü
Tuhan menghendaki ASM sudah terlatih mendengar dan
melaksanakan nasihat orangtua atau orang yang lebih tua.
ü
ASM terpanggil
untuk mau bekerja
sama dalam aktivitas sehari-hari dan juga dalam aktivitas di Gereja. Dengan bekerja sama maka
akan membuat pekerjaan kita lebih ringan. ASM diajari untuk
mengembangkan
sikap kerja sama dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru dan orangtua, jangan
melelahkan diri dengan sikap egois dan mau tampil sendiri. Hendaknya sikap kerja
sama sudah berakar dalam diri ASM.
ü
Kemauan bekerjasama juga berkaitan dengan kemauan
mendengar, Oleh karena itu ASM diajak untuk berlatih mendengar dengan baik
ditengah sikap cuek dan EGP yang makin marak.
ü
Di Minggu ke 12 Setelah Trinitas ini ASM diajak untuk
bertobat dan menyuarakan pertobatan bagi anak-anak yang suka melawan dan
tidak mendengar nasihat orangtua atau gurunya.
|
||
AKTIVITAS
|
||
·
GSM
pertama-tama menceritakan sikap Yitro ketika melihat Musa seorang diri
menghakimi bangsa Israel.
·
GSM
mengajak ASM untuk berdiskusi degan topik:
1.
Menyebutkan
sikap Yitro yang perlu diteladani.
2.
Menceritakan pengalaman emreka hidup dengan kakek-nenek
yang menjadi mertua Ibu atau ayah mereka dan bagaimana hubungan orangtuanya dengan
mertuanya.
3.
Menceritakan
bagimana pengalamannya tentang cara orangtua membagikan tugas.
4.
Menceritakan pengalaman mereka ketika dinasehati oleh
orangtua atau guru, apakah mereka mendengarnya dan melakukannya dengan baik
atau tidak.
5.
Menceritakan pengalaman mereka bergotongroyong di
sekolah, di rumah, di gereja dan ditempat lain, bagaimana hasil dan
dampaknya.
·
ASM diajak membandingkan dampak bekerja sendiri dengan
bekerja bersama-sama. Misalnya dengan menyusun bangku atau mengumpul sampah
di ruangan SM.
·
Demosntrasi makna kerjasama melalui permainan (how
long, how high)
|
||
AYAT HAFALAN
|
||
Matius 21:6
Maka pergilah murid-murid itu dan
berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka.
|
||
NYANYIAN
|
||
·
Tanganku Kerja Buat Tuhan
·
Jalan Serta Yesus
·
Serikat
Persaudaraan (KJ. 249)
|
||
Satuan Pelajaran
Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
|
Minggu
|
|
HIDUP SEHAT
|
14
|
|
NAS : Matius 9: 20-21
|
Sept 2014
|
|
13 Set. Trinitatis
|
||
TUJUAN
|
||
Supaya
anak dapat :
1.
Menyebutkan
ciri-ciri orang sehat.
2.
Mendaftarkan
cara-cara menjaga kesehatan.
3.
Menyebutkan
manfaat hidup sehat.
|
||
LATAR BELAKANG
|
||
·
Sesudah
Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak berbondong-bondong datang
lalu mengerumuni Dia. Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka,
datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata:
"Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah
tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup." Lalu Yesus pun bangunlah dan
mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. (Mat. 9:18-19). Pada
waktu itu ada seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita
pendarahan. Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga
telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada
faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. Dia sudah mendengar
berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia
mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya. Sebab katanya:
"Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." Seketika itu juga
berhentilah pendarahannya dan ia merasa bahwa badannya sudah sembuh dari
penyakitnya. Saat itu
juga, Yesus
mengetahui bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia berpaling di
tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?"
Murid-murid-Nya menjawab: "Engkau melihat bagaimana orang-orang ini
berdesak-desakan dekat-Mu, dan Engkau bertanya: Siapa yang menjamah
Aku?" Lalu Ia memandang sekeliling-Nya untuk melihat siapa yang telah
melakukan hal itu. Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika
mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di
depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya. Maka
kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan
engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu! (Mrk.
5:21-43).
|
||
URAIAN
|
||
1.
GSM
meneritakan kuasa penyembuhan yang
dimiliki Yesus, serta kemurahan hatinya memberi kesembuhan pada orang
yang percaya dan meminta pertolongan pada-Nya.
2.
Kehadiran
Yesus membawa perubahan dan keselamatan bagi mereka yang lemah dan
tidakberdaya. Segala penyakit dan kesusahan dapat diubah Yesus menjadi
sukacita, sebab Dia adalah Tuhan yang maha kuasa.
3.
GSM
menceritakan bagaimana sikap dan keyakinan hati peremuan yang sakit tersebut
terhadap kuasa Yesus. Ia sangat yakin bahwa Yesus dapat menyembuhkannya, ia
hanya membutuhkan menjamah jubah Yesus saja. Oleh karena itu, ditengah
kelemahan tubuhnya dan kerumunan manusia ia berjuang untuk mendekat pada
Yesus dan menjamah jubah-Nya dan akhirnya ia pun sembuh.
4.
GSM
menjelaskan bagaimana usaha, kerja keras yang dibarengi iman menghasilkan
kesembuhan dan kesehatan.
5.
Berobat
kedokterpun bisa sembuh asal kita yakin bahwa TUHAN YESUS akan memberkati
usaha pengobatan tersebut dan memakai dokter dan para medis yang lain seabgai
perpanjangan tangan Tuhan. Selain itu, kita juga berusaha dengan sekuat
tenaga untuk memperoleh kesembuhan itu, misalnya jangan makan makanan yang
dilarang oleh dokter, tidak keluyuran saat sakit, tidak bermain terlalu
banyak, istrahat yang cukup, pola makan teratur, dll.
|
||
APLIKASI
|
||
·
Yesus
Kristus adalah sumber kesembuhan yang sejati, oleh karena itu ASM diingatkan
untuk tidak mengharapkan kesembuhan dari kuasa lain seperti dukun, roh nenek
moyang, dll.
·
Tuhan
menginginkan ASM untuk senantiasa berdoa saat mengomsumsi obat-obatan supaya
diberkati TUHAN YESUS sebagai jalan kesembuhan. Jangan pernah ragu pada kuasa
kesembuhan dari Yesus sebab Yesus mengasihi ASM.
·
ASM
yang beriman pada Yesus diajak untuk turut serta berusaha menjaga kesehatan
dan kebersihan sebab itu adalah bagian dari iman. Dengan kata lain ASM diajak
untuk menjaga pola hidup sehat sejak dini.
·
dalam
minggu ke 13 setelah Trinitatis ini, ASM diingatkan bahwa hidup dan mati ada
ditangan dan milik Tuhan.
|
||
AKTIVITAS
|
||
·
GSM mengajak ASM menceritakan pengalaman ketika sakit,
berobat ke mana dan apakah berdoa setiap makan Obat?
·
GSM menanyakan siapa yang bercita-cita menjadi dokter,
bidan, perawat dan \\ alasannya.
·
GSM menunjukkan gambar orang sakit dan orang yang sehat
dan mengajak ASM untuk mendiskusikan perbedaaanya.
·
Untuk kelas besar, kisah dalam teks bisa
didemonstrasikan/didramakan oleh ASM.
·
GSM
menanyakan ASM: “menurut kamu bagaimana ciri-ciri orang sehat?”. Anak-anak
diberi kesempatan menjawab, misalnya memiliki nafsu makan yang baik, tubuh
yang semakin tinggi, memiliki berat badan yang semakin bertambah, dsb.
·
GSM
mengajak ASM untuk berdiskusi tentang cara-cara menjaga kesehatan yang kamu
ketahui dan mamfaat hidup sehat? ASM disuru untuk mendaftarkanya dan kalau
boleh didemonstrasikan. Misalnya mendemostrasikan cara mencuci tangan, sikat
gigi yang benar, dll.
·
GSM
merangkum pendapat ASM dan memberikan tambahan penjelasan.
|
||
AYAT HAFALAN
|
||
Mazmur
41:4
TUHAN membantu dia di ranjangnya
waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.
|
||
NYANYIAN
|
||
·
Dikepak-kepakkan
sayapnya
·
Kasih
Yesus Manis dan Indah
·
Saya
Bergirang
·
Ada orang
buta
·
S'lamat Di
Tangan Yesus (KJ 388)
·
Ajaib
Benar Anugerah (KJ. 40)
·
Burung
Pipit yang kecil (KJ. 385)
|
||
Satuan Pelajaran
Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
|
Minggu
|
|
RUKUN
|
21
|
|
NAS : Mazmur 133 : 1-3
|
Sept 2014
|
|
14 Set. Trinitas
|
||
TUJUAN
|
||
Supaya
anak dapat :
1.
Menyebutkan
arti rukun.
2.
Menyebutkan
pentingnya hidup rukun bersama saudara.
3.
Menyatakan tekad untuk hidup rukun melalui nyanyian.
|
||
LATAR BELAKANG
|
||
Kitab nyanyian ziarah dari Daud ini
mengambarkan situasi waktu itu. Ada
kebiasaan orang Israel berkumpul beramai-ramai untuk membangun tenda
merayakan hari-hari perayaan tertentu. Ungkapan sungguh
alangkah baiknya dan indahnya yang di sebutkan pemazmur adalah untuk mengambarkan suasana
umat yang datang dari berbagai
penjuru Israel berkumpul di Yerusalem di dalam kerukunan, keakuran,
keharmonisan dan keguyuban.
Pemazmur mengambarkan berkat-berkat kerukunan itu dalam dua
gambaran yakni: pertama,
“ Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke
janggut Harun dan ke leher jubahnya” minyak mempunyai makna kesukaan,
keharuman dan ketentraman juga penyucian sehubungan dengan minyak pengurapan
iman (Kel. 30:22-33), kelimpahan minyak urapan mengambarkan bahwa Tuhan
memberkati umatNya dengan kelimpahan.
Kedua, dampak
kerukunan itu digambarkan juga seperti
embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Gunung Hermon terletak
di Kerajaan Israel Utara puncaknya umumnya ditutupi salju panjang tahun,
menyebabkan embun berlimpahan. Secara geografis kedua lokasi gunung Hermon
dan Sion tersebut jauh sekali, tapi ada sebuah mujizat jika embun mengalir
begitu jauhnya. Begitulah kasih dan kuasa Tuhan mengalir kesemua manusia,
apalagi setiap anak-Nya yang hidup dalam persekutuan yang rukun harmonis di mana berkat pribadi
saling dibagikan untuk keberuntungan bersama. Kesatuan digambarkan seperti
embun yang menyegarkan, mengendap di gunung Hermon dan turun ke bukit
Sion. Allah mencurahkan berkatnya
tanpa melihat siapa kita, bagimana kita dan kemana kita berada. Karena Allah
mau kita hidup dalam persaudaraan yang rukun walaupun kita berbeda dalam
banyak hal
|
||
URAIAN
|
||
·
GSM
dapat menceritakan sekilas tentang profil DAUD, posisnya, dan juga
kecakapannya menggubah Mazmur.
·
GSM
menjelaskan makna kata RUKUN dan perbedaannya dengan kata berdampingan.
·
GSM
menjelaskan bahwa Allah menginginkan kita hidup dalam kerukunan meski
memiliki banyak perbedaan.
·
GSM
menjelaskan 3 hal yang perlu direnungkan dan dimakanai dari Mazmur 133:1-3
yakni
1.
Hidup
rukun adalah baik dan indah.
2.
Dalam
hidup rukun ada berkat yang berkelimpahan.
3.
Dalam hidup rukun ada karunia hidup yang berkemenangan
·
GSM
menjelaskan bagaimana persaudaraan yang rukun dapat tercipta dalam kehidupan
anak-anak di SM, di rumah, dll. Persaudaraan yang baik adalah persaudaraan
atau persekutuan yang mempunyai kualitas yang baik dan dapat dirasakan oleh
orang lain. Persaudaraan yang rukun dan baik itu saling melengkapi, saling
menolong disaat suka maupun duka. Setiap orang/anggota hadir sebagai ebrkat,
pembawa damai dan bukan seabgai batu sandungan yang membawa pertentangan.
·
GSM
menjelaskan bahwa kunci untuk bisa hidup rukun adalah percaya pada ALLAH dan
hidup dalam KASIH dan tuntunan ROH bukan dalam hawa nafsu duniawi.
·
Dalam
minggu 14 Setelah trinitatis ini GSM menjelaskan bahwa Allah mengasihi semua
bangsa
|
||
APLIKASI
|
||
ü Allah Menginginkan ASM Yang
Memiliki Talenta Dan Karunia Yang Berbeda-Beda Dapat Hidup Dalam Persaudaraan
Yang Rukun Dan Damai.
ü Perbedaan Bukanlah Aib Yang Menjadi
Dasar Perpecahan Melainkan Anugerah Yang Indah Jika Bisa Dijalin Dengan Baik
Dalam Keutuhan. Setiap Talenta Dan Kemampuan Yang Dimiliki ASM Dapat Dipakai
Menjadi Berkat Bagi Sesamanya Dengan Saling Menolong Dan Melengkapi Dan Bukan
Saling Mengejek Dan Membanggakan Diri.
ü Persaudaraan ASM Dan GSM Hendaklah
Tulus Murni Dan Didasarkan Oleh Kasih Allah
ü Persekutuan Yang Indah Akan Membuat
Orang-Orang Di Dalamnya Bertahan, Karena Merasa Aman, Nyaman Dan Tentram. Oleh
Karena Itu, Marilah Kita Mengevaluasi Persaudaraan Dan Persekutuan Kita
Selama Ini. Apakah Kehadiran ASM Dan GSM Membawa Kenyamaan, Keindahan Dalam Persekutuan
Atau Justru Memudarkan Kenyamaan Dan Keindahan Itu.
ü Kerukunan juga perlu dijaga dengan
mere
|
||
AKTIVITAS
|
||
·
Tanya
jawab tentang teks yang berkaitan dengan manfaat hidup rukun, makna hidup
rukun dalam segala perbedaan
·
ASM
diminta untuk mendaftarkan talenta masing-masing dan menyebutkan
perbedaaannya dengan teman-teman dan saudaranya.
·
Bercerita
tentang pengalaman bersama saudara di rumah, bersama teman di sekolah, dan di
gereja.
·
Bercerita
tentang Bawang merah dan Bawang Putih yang tidak rukun dan dampak yang
ditimbulkannya.
·
Menulis
karangan singkat tentang hidup rukun dalam keluarga dan gereja (anak
tanggung/remaja).
·
Mendemosntrasikan
kerukunan dan ketidakrukunan melalui permainan.
·
Mewarnai gambar bertema
"kerukunan"
|
||
AYAT HAFALAN
|
||
1 Yohahes 4: 21
Dan perintah ini kita terima dari
Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.
|
||
NYANYIAN
|
||
·
Bapak
Abraham (Father Abraham)
·
Hari
ini ku rasa bahagia
·
Dalam
Yesus kita bersaudara
·
Serikat Persaudaraan (KJ. 249)
·
Kucinta keluarga Tuhan
·
Alangkah Indahnya (KJ. 448)
·
Yesus cinta sgala anak
|
||
Satuan Pelajaran
Sekolah Minggu GKPI Yogyakarta
|
Minggu
|
|
INGIN TAHU
|
28
|
|
NAS : Kisah Para
Rasul 8:26-40
|
Sept 2014
|
|
15 Set. Trinitatis
|
||
TUJUAN
|
||
Supaya
anak dapat :
1.
Mempraktekkan
rasa ingin tahu dengan bertanya.
2.
Mendaftarkan
kata tanya yang menggambarkan rasa ingin tahu.
3.
Menunjukkan
rasa ingin tahu sida-sida dalam perikop.
|
||
LATAR BELAKANG
|
||
Tuhan Melalui malaikat dan Roh
Kudus-Nya mengutus Filipus pergi untuk memberitakan injil kepada seorang pejabat
asal Etiopia yang sedang dalam perjalanan. Dalam perjalanannya, pejabat
tersebut membaca kitab Yesaya dan tidak mengerti. Ditengah keingintahuannya
ia bertanya pada Filipus tentang makna kisah yang dibacanya. Pada akhirnya
pejabat itu menerima kebenaran Injil dan bertobat. Ia percaya kepada Tuhan Yesus dan
hal
itu meyebabkan rasa sukacita dalam hatinya. Setelah dibabtis, ia meneruskan
perjalanannya dengan sukacita.Injil tidak terbatas lagi pada Yerusalem, Yudea
dan Samaria saja. Kini, melalui Filipus, Injil telah keluar dari batas
Samaria dan menuju ujung bumi, mengenapi janji Tuhan dalam Kis. 1:8”.
Filipus, sesuai namanya yang memiliki arti menerobos, telah dipakai Tuhan
untuk membawa Injil masuk menerobos kepada orang-roang non Yahudi. Pada waktu Filipus
memulai pelayanan penginjilannya ini, Paulus masih belum menjadi Kristen dan
masih menganiaya orang Kristen.
|
||
URAIAN
|
||
ü
GSM menanyakan pada ASM siapa saja nama Tokoh yang
disebutkan dalam teks itu.
ü
GSM menceritakan bagaimana Filipus bisa bertemu dengan
orang Etopia tersebut dan menginjili serta membabtisnya.
ü
GSM menceritakan bagaimana rasa ingin tahu orang Etopia
tersebut tentang Kitab Nabi Yesaya yang menceritakan tentang pengorbanan
Yesus, serta bagaimana rasa ingin tahu tersebut membawanya pada kepercayaan
bahwa Yesus adalah Anak Allah dan berkeinginan untuk dibabtis.
ü
GSM menceritakan sukacita yang menyelimuti hati orang
Etopia tersebut setelah ia percaya. Sukacita besar dalam diri merupakan salah
satu dampak yang ditimbulkan keyakinan dan kepercayaan pada Yesus sebagai
Tuhan dan Juruslamat.
ü
GSM menceritakan bahwa injil harus diberitakan kepada
semua orang dan ASM juga bisa ambil bagian di dalamnya.
ü
Dalam Minggu 15 Setelah trinitatis ini, GSM mengajak
ASM untuk menyakini KUASA YESUS KRISTUS untuk menyelamatkan semua bangsa dan
menolong para hamba-Nya memberitakan Injil keseluruh penjuru dunia.
|
||
APLIKASI
|
||
·
Allah
memakai berbagai cara menyuruh hamba-Nya untuk memberitakan Injil.
·
Allah
senantaisa menolong orang yang ingin percaya dan ingin mengetahui lebih
banyak tentang DIA. Allah akan mengutus para hamba-Nya untuk menjelaskan
kebenaran Firman-Nya. GSM adalah salah satu contoh yang dipakai Tuhan untuk
menolong ASM memahami dan mengerti Firman-Nya.
·
ASM tidak
perlu sungkan untuk bertanya, serta didorong untuk membaca Alkitab dan
memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang Yesus.
·
Tidak ada
batas-batas untuk memberitakan Injil. Semua orang, suku, bangsa, ras harus
mendengarkan Injil. ASM juga bisa diperlengkapi untuk menjadi pemberita Injil
dalam dunianya.
|
||
AKTIVITAS
|
||
ü ASM
disuruh mebaca
ulang teks dan menanyakan apapun yang belum dimengerti
ü ASM diberi kesempatan untuk saling
bertanya dengan sesama ASM tentang pengenalan dan pengetahuan mereka tentang
Yesus.
ü Mendemonstrasikan keingintahuan ASM
dalam bentuk permainan. Misalnya tebak-tebakan. GSM membungkus sesuatu dalam
kotak, kemudian ASM diajak untuk mencari tahu apa isi kotak tersebut dengan
menyakan ciri-cirinya kemudian menebaknya (bisa meniru game "bisa
jadi'). Setelah itu ASM diberi kebebasan untuk mengekspresikan sukacitanya
karena berhasil menebak isi kotak. GSM kemudian mengaitkannya dengan sukacita
orang Etopia setelah mengetahui makan Kitab Yesaya yang dibacanya.
ü Mendemonstrasikan sikap selalu
bersedia memberitakan injil melalui permainan. Misalnya permainan trnasfer
ayat Alkitab.
ü ASM diberi tugas untuk
menggambarkan siapa Yesus bagi mereka (berkaitan dengan karakter, kuasa, dll)
(anak tanggung dan remaja)
ü Mewarnai
gambar
ü dll.
|
||
AYAT HAFALAN
|
||
Amsal 1:7
Takut akan TUHAN adalah permulaan
pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan
|
||
NYANYIAN
|
||
·
Saya
bergirang.
·
Bila
kulihat bintang gemerlapan (K. J. No. 64)
·
Mengikut
Yesus keputusanku.
·
Yesus Menginginkan Daku (KJ 424)
·
Ikut Dikau saja Tuhan (KJ. 376)
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar